Thursday, February 11, 2010

Facebook VS Google Buzz? Pertarungan heboh sosial network terbesar sejagat!


Google memiliki masalah besar meskipun produk online-nya yaitu mesin pencari super sudah dalam genggaman. Dan masalah ini adalah hal yang terpenting di web: yaitu Masalah Sosial.


Sekalipun sebenarnya mereka telah memilikinya, contoh Orkut dan OpenSocial, tapi sampai saat ini tidak lah sepopuler Facebook atau Twitter. Dan tak satu pun menggunakannya.

Tapi hari ini google telah memecahkan masalah ini dengan diluncurkannya Google Buzz. Mereka berharap, kali ini dapat menutupi kelemahan google dalam masalah sosial.

Hampir sama seperti Facebook, Google Buzz juga mengupdate status terkini, upload gambar, links, video, dan status "like" untuk comment tertentu.

Hebatnya Buzz juga dapat mengimport status untuk Flickr, Picasa, Google Reader, atau Twitter secara bersamaan.

Strategi Buzz adalah menggandeng nama Gmail yang diakses 176 juta orang lebih setiap bulannya sebagai rumah bernaung. Jadi mau tidak mau, kita butuh account gmail untuk bisa mengakses Buzz.

Buzz juga adalah mobile product yang dapat diinstall di hp iPhone atau Android. Kehebatan dari Buzz, kita bisa tag letak posisi terakhir kita saat atau setelah kita keluar dari aplikasi Buzz.


Lebih detail lagi adalah Buzz menggunakan Google Maps untuk men-tag posisi kita secara sangat spesifik. Bahkan nama tempat, nama jalan, latitude juga masuk dalam tag Buzz. Semua kehebatan Google Maps juga bisa diakses dalam Buzz.


Google Buzz adalah social network untuk saling bertukar informasi berbasi Google. Buzz berisi status terbaru seperti profile, update picture, links, video, dll.


Sedangkan Facebook telah dikenal sebagai The Gorilla Social Network di bumi yang diakses lebih dari 300 juta orang.

Bagaimanakah akhir pertarungan yang sengit ini?

Source : techcrunch

3 comments: