Friday, February 05, 2010

Aplikasi Siri iPhone 3G seperti asisten pribadi saja






Setelah mengembangkan hampir satu tahun dan menghabiskan dana $24 juta, Aplikasi Siri siap menjadi asisten pribadi untuk ponsel iPhone. Siri adalah aplikasi yang berbasis conversational interface.

Hebatnya, kita bisa ngomong ke ponsel dan langsung dijawab. Ngomongnya pake bahasa inggris, kalau indonesia gak tau lagi. Misal kita ingin mencari restoran terdekat dan book-ing meja disitu, melihat daftar film bioskop, memanggil taxi, cari nomor telpon atau alamat suatu perusahaan.

Misal: Kita ngomong ke Siri, "Find something to do in San Francisco this wekkend that's fun for kids".

Kemudian Siri mengkodekan kata-kata ke dalam teks dan mengirim request ke web service online tertentu yang berbasis Siri. Setelah ketemu dan diproses, Siri mengembalikan data berupa informasi yang kita minta, tanggal, lokasi, dan meminta persetujuan anda untuk membeli tiket atau beli barang.

Siri menjawab, "Ok, I found these kids and family events for this weekend in San Francisco, Francisco, CA...".



Siri adalah aplikasi yang mengkombinasikan kumpulan teknologi dan menggunakan natural language processing dan semantic analysis. Pokoknya berhubungan dengan artificial inteligent. Kalau yang seperti ini sih, sudah diluar kepala kita. hehehe...

Pokoknya aplikasi Siri ini gratis, dan ada program afiliasi nya juga. Jadi kapanpun kita membeli tiket konser, pesan meja di restoran, dll, lewat Siri, maka kita dapet duit balik deh. Disini, sekalipun hanya untuk iPhone model 3G saja, tapi Siri masih dalam pengerjaan untuk ponsel Blackberry dan Android. Jadi, mau download Siri gratis???

Link: http://www.techcrunch.com/2010/02/04/siri-iphone-personal-assistant/

No comments:

Post a Comment